Catatan perjalanan Safari Libur Akhir Tahun ke Pantura Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sesuai program komunitas lingkungan saya yakni Jamaah masjid Hidayatullah, Bekasi Selatan yakni mengadakan tour muhibbah yang ke X ke lokasi lokasi wisata tadabur alam dan wisata religi, maka pada hari Kamis pagi tanggal 31 Desember 2009 rombongan kami bertolak dari home base di Pekayon Jaka Setia, Bekasi menuju tujuan wisata dengan menggunakan Bis pariwisata eksekutif  dengan kapasitas 40 seat. Tujuan kunjungan pertama sesuai program wisata adallah perguruan (ma’had) Az-Zaitun serta masjid Rahmatan Lil Alamin yang berada di lokasi Az-Zaitun

Tepat pukul 11,30 siang kami telah berada di area llokasi Az-Zaitun, tapi sesuai dengan protap Az-Zaitun bahwa setiap rombongan tamu yang berkunjung harus dipandu oleh petugas yang memang sengaja telah disiapkan oleh pihak pengurus perguran Az-Zaitu. Alhamdulillah kami setelah dikumpulkan di ruang aula tempat menerima tamu oleh pihak security  tidak lama berselang petugas pemandu datang dan serta merta memberikan pengarahan tentang kondisi perguruan Az-Zaitun sebelum diajak berkeliling area perguruan yang menurut pemandu luas areal perguruan Az-Zairun kurang lebih adalah 1200 hektare, jadi hampir separuh luas kota Makassar sebelum dimekarkan. Tapi setelah bernegosiasi kami memutuskan untuk berkeliling areal perguruan setelah sholat Zhuhur yang di jamak taqdim dengan sholat Ashar. Setelah melaksanakan sholat dan berfoto-foto sejenak rombongan kami mulai diajak keliling areal dengan bis yang kami tumpangi. Satu persatu setiap gedung yang kami lewati dijelaskan olleh pemandu, demikian lahan-lahan pertanian yang terbentang luas yan1

Terlepas dari kontroversi tentang keberadaan AZ-Zaitun yang dipimpin oleh Pak Panji Gumilang. Saya sangat menikmati pemandangan di dalam perguruan ini yakni tentang keberadaan anak-anak mulai dari Madrasah Ibtidaiyah yang konon bayaran perbulannya menurut pemandu hanya sebesar Rp. 400.000,- dan anak  anak ini asalnya dari berbagai daerah termasuk saya sempat menanyakan kalau mereka berasal dari Jakarta Selatan.. Semetara untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah, pembayarannya berdasarkan paket yakni sampai selesai adalah sebesar US $ 3.500.-. Karena peserta pendidikannya ada yang berasal dari luar negeri terutama Malaysia.

Maih menurut pemandu, jumlah seluruh siswanya sampai saat ini adalah sebanyak 6000 siswa sedangkan guru-gurunya adalah sebanyak 300 orang, pegawai lainnya seluruhnya ada sebanyak 1200 orang yang bekerja diberbagai bidang penunjang Az-Zaitun.

Hal yang menarik lainnya adalah adanya bangunan monumental yaitu pembangunan Masjid Rahmatan Lil Alamin selaus 6 HA dan direncanakan dapat menampung 20.000 jemaah. Masjid ini terdiri dari bangunan utama lima lantai (Masjid Istiqlal hanya 4 lantai) dan arsitekturnya menurut pemandu mengambil perpaduan antara  masjid Alhambra di Spanyol (sekarang setelah Islam takluk di rubah menjadi gereja pada abad pertengahan), masjid Aya Sofia di Istanbul, Turki (yang sebelumnya adalah gereja Kerajaan Rumawi Timur di Konstantinopel) dan Masjid Taj Mahal di India.

Namun sayangnya masjid ini belum selesai seluruhnya sehingga belum dapat dipakai untuk sholat. (bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: